PKB Buka Pendaftaran Balon Bupati dan Wabup Malaka

Betun, Berita Perbatasan-Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) membuka Pendaftaran Bakal Calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Malaka Periode 2020-2024.
Pendaftaran gratis ini dilakukan di Sekretariat DPC PKB Kabupaten Malaka di kawasan Umasakaer Desa Bakiruk Kecamatan Malaka Tengah, Jumat (04/10/2019).
Sekretaris DPC PKB Kabupaten Malaka Hendrikus Fahik kepada media menjelaskan, partai politik menjadi instrumen demokrasi. “Tentu, mau tidak mau harus ambil bagian dalam momentum Pilkada khususnya di Kabupaten Malaka”, tandas Hendrik.
Dikatakan, sebagai instrumen demokrasi, PKB akan mengikuti tahapan yang sudah diamanatkan undang-undang.
“DPP belum mengeluarkan juknis nasional tentang mekanisme dan tahapan pilkada mulai tahapan dari DPC sampai DPW tetapi kita mengikuti tahapan yang sudah diamanatkan undang-undang”, kata Hendrik.
Dengan mengacu pada undang-undang, menurut mantan Ketua PMKRI Cabang Kupang ini, pihak DPC hanya membentuk Desk Pilkada Penerimaan Bakal Calon Bupati dan Wabup. Selanjutnya, Desk Pilkada menerima Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wabup.
Mengutip juknis lama, Hendrik bilang, Pendaftaran akan dilanjutkan dengan Musyawarah Kebangkitan. Musyawarah ini merupakan sarana bagi para bakal calon bupati atau wabup menyampaikan program kerja, visi dan misi mereka di hadapan seluruh pengurus PKB se-Kabupaten Malaka dan simpatisan.
“Musyawarah ini dilanjutkan dengan mendengar pemandangan umum setiap PAC terhadap materi yang disampaikan para balon bupati dan wabup. Ini terbuka untuk umum”, demikian Hendrik.
Ketua Deks Pilkada DPC PKB Kabupaten Malaka Gabriel Justus Seran berkomitmen bersama rekan-rekan panitia lainnya mempersiapkan teknis dan proses penjaringan Calon Kepala Daerah dan atau Calon Wakil Kepala Daerah Kabupaten Malaka Periode 2020-2024, sambil menunggu juknis nasional dari DPP PKB.
Pendaftaran ini dijadwalkan berlangsung selama lima hari terhitung 4 – 9 Oktober 2019.
Sejauh ini, yang sudah mengambil formulir pendaftaran adalah Emanuel Bria.
Kontributor: Nofry Laka
Editor: Cyriakus Kiik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *