Bupati Malaka Panen Simbolis Bawang RPM

Betun, Berita Perbatasan.com-Bupati Malaka Stefanus Bria Seran melakukan panen simbolis bawang merah program Revolusi Pertanian Malaka (RPM) milik Kelompok Tani (Poktan) Ferek Katuas di Desa Lasaen Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (02/10/2019).
Hadir Ketua DPRD Sementara Kabupaten Malaka Adrianus Bria Seran, Ketua Tim Pakar Revolusi Pertanian Malaka (RPM) Herry Kota, para anggota DPRD Malaka, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para kepala desa se-Kecamatan Malaka Barat, para tokoh masyarakat, tokoh adat, masyarakat Desa Lasaen dan sekitarnya.
Bupati Malaka Stefanus Bria Seran mengharapkan masyarakat petani setempat tidak terprovokasi dengan informasi-informasi yang menyesatkan terkait bawang merah. Sebab, ada orang tertentu yang mendatangi masyarakat mengatakan bahwa program RPM itu milik pemerintah. Sehingga, masyarakat tidak perlu tanam bawang. Biarkan saja pemerintah yang urus bawang.
Padahal, bawang ini ditanam rakyat dan digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat itu sendiri.
“Saya senang sekali karena kegiatan panen hari ini disaksikan masyarakat dan pemerintah baik sipil maupun militer”, demikian Bupati Stefanus.
Mengutip keterangan tim pakar, Bupati Stefanus mengatakan, di lokasi panen ini satu hektar bisa menghasilkan 1,1 ton bawang.
“Ini luar biasa. Bagi saya, yang paling penting masyarakat berkelimpahan pangan”, demikian Bupati Stefanus.
Camat Malaka Barat Efraim Bria Seran meminta masyarakat setempat untuk mendukung kepemimpinan Bupati Stefanus. Sebab, selama masa kepemimpinannya sudah menyejahterakan masyarakat setempat melalui program RPM. Melalui program ini, menurut Camat Efraim, lahan masyarakat dibalik secara gratis, pemberian bibit dan pupuk secara gratis pula.
Di bidang kesehatan, urai Camat Efraim, sebelumnya Malaka Barat hanya punya Puskesmas Pembantu. Tapi, saat ini sudah menjadi Puskesmas bertipe A.
“Terimakasih untuk semuanya pak bupati. Mari kita dukung Pak Bupati untuk menyukseskan program-program selanjutnya”, kata Camat Efraim.
Bupati Stefanus dan Ketua DPRD Malaka Adrianus bersama para pimpinan OPD dan tamu lainnya langsung ke tengah kebun Poktan Ferek Katuas untuk melakukan panen simbolis.
Sambil berdoa bersyukur kepada Tuhan dengan hitungan tiga kali, Bupati Stefanus mengajak pejabat sipil maupun militer yang ada untuk melakukan panen.
Bawang yang dicabut kemudian diangkat tinggi-tinggi menunjukkannya kepada masyarakat yang hadir. Saat itu, terjadi tepuk tangan gemuruh memenuhi kebun sebagai tanda gembira atas hasil panen yang ada. (cq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *